Mengembangkan media pembelajaran dengan software
pendidikan
REP
| 24 July 2011 | 14:30 Dibaca: 951 Komentar: 0 Nihil
Memasuki tahun pelajaran baru ini, banyak Madrasah di
Jakarta yang melengkapi fasilitas pendukung untuk penyampaian materi atau transfer
pengetahuan ke peserta didik, dengan memasang LED Proyektor di setiap kelas,
hotspot dan menambah bandwidth internet yang semuanya digunakan sebagai
kegiatan belajar mengajar.
Dengan
menggunakan LED Proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan
ke layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, audio video, bagan dan
lain-lain akan menjadi lebih menarik dilihat oleh siswa. Penggunaan proyektor
ini lebih menguntungkan, karena idera pendengaran dan penglihatan akan
sama-sama diaktifkan melalui sebuah media pembelajaran yang telah disiapkan.
Istilah
“media pembelajaran merupakan suatu istilah yang berasal dari kata media dan
pembelajaran. Kata media merupakan bentuk jamak medium yang dalam bahasa
Indonesia berarti alat” (Latuheru, 1988: 9), kemudian istilah “media digunakan
sebagai suatu nama bagi semua bentuk dan saluran yang digunakan dalam proses
penyampaian informasi atau pengantar informasi (pesan) antara sumber (pemberi
pesan) dengan penerima pesan” (AECT, 1977: 201).
Menurut
Ibrahim, dkk (2000: 4) media pembelajar adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat
merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan pebelajar dalam kegiatan
pembelajaran untuk mencapai pembelajar tertentu.
Tantangan
bagi guru adalah bagaimana memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh
pihak Madrasah, dengan adanya fasilitas LED Proyektor dan Jaringan Hotspot di
setiap kelas, guru harus mengembangkan dan mendistribusikan bahan pembelajaran
(Media Pembelajaran) dengan lebih interaktif dan persuasif.
Beberapa
aplikasi atau software pendidikan yang dapat membantu guru dalam mengembangkan
media pembelajaran, yaitu :
- Lecture Maker (http://www.lecturemaker.com/) : Aplikasi Lecture Maker merupakan aplikasi pembuat media presentasi, sama halnya dengan aplikasi powerpoint. Aplikasi ini menyediakan fasilitas dalam membuat presentasi dengan singkat. Salah satu kelebihan aplikasi ini bisa dijadikan sebagai bentuk aplikasi untuk cd interaktif, menyedia fasilitas soal seperti multiple choice dan essey.
- ISpring ( http://www.ispringsolutions.com/ ) : iSpring Free adalah software yang dapat digunakan untuk merubah file Powerpoint ke dalam bentuk Flash Movie. iSpring membuat soalah-olah persentasi yang kita buat,dibuat menggunakan flash.
- CrossWord ( http://www.solrobots.com/ ) : Dengan software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif.
- EclipseCrossword (http://www.eclipsecrossword.com/ ) : software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif (gratis tidak perlu crack/keygen).
- CROCODILE PHYSICS 6.0.5 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi fisika yang sangat menarik. Banyak sekali jenis simulasi pada software ini. Mulai dari mekanika, gelombang, optik, sampai elektronika. Banyak contoh-contoh percobaan yang sangat fundamental dalam konsep fisika.
- Crocodile Mathematics v4.01 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Crocodile Mathematics merupakan software yang asik buat belajar dan membuat modelling geometry dan numeracy.
- Crocodile Chemistry ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi pelajaran Kimia.
- WonderShare Quiz Creator ( http://www.sameshow.com ) : Software membuat kuis yang menarik, interaktif dan praktis.
- Cisco Packet Tracer ( http://www.packettracer.info ) : Cisco Packet Tracer merupakan aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer.
- Phet ( http://phet.colorado.edu/ ) : software simulasi interaktif yang berbasis research dan berlisensi gratis (free software).
Bahan ajar yang telah dibuat
menggunakan aplikasi diatas dapat dengan mudah didistribusikan ke siswa melalui
media storage Flashdisk, dikirim via milis Madrasah, diupload di situs
elearning maupun di web blog Madrasah, sehingga siswa dapat dengan mudah
mengulangi materi pelajaran dimanapun mereka berada dengan menggunakan alat
bantu komputer maupun handphone yang terkoneksi dengan internet.
0 comments:
Post a Comment