Apa itu Stop Motion?
Stop Motion
Animation adalah sebuah teknik animasi yang dapat membuat benda diam akan
terlihat bergerak.Teknik stop motion ini pertama kali ditemukan oleh Stuart
Blankton pada tahun 1906, yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah
karakter kartun di atas papan tulis kemudian gambar tersebut diambil dengan
still camera, lalu gambar dihapus dan digambar ekspresi berikutnya dan dipotret
kembali, dan seterusnya dilakukan berulang-ulang. Cara kerjanya adalah dengan
mengambil tiap 1 frame gambar dan dipotret sekali. Gambar diubah sedikit
posisinya lalu dipotret sekali lagi. Mekanisme ini dilakukan secara kontinyu
dan berulang-ulang, sehingga jika pita kamera tersebut dijalankan dengan
kecepatan tertentu, maka gambar hasil dokumentasi tiap frame tersebut akan
tampak bergerak dan seolah-olah hidup
Pelopor
Amerika yang menggunakan teknik ini adalah Willis O’Brien dengan karya film
animasinya King-Kong. Seorang muridnya yang bernama Haryhausen juga membuat
beberapa judul film animasi dengan menggunakan teknik yang sama (di antaranya
adalah film berjudul Jason and The Argonauts). Teknik stop-motion ini adalah
teknik animasi yang paling sederhana dan kebanyakan digunakan untuk efek visual
dalam film di era tahun 1950-an, akan tetapi sampai saat ini masih digunakan.
Dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat)
sebagai materi obyek yang digerakkan sehingga dikenal dengan istilah
claymation. Contoh karya film claymation yang masih populer adalah Wallace and
Gromit, oleh Aardman Animation; film Chicken Run; Nightmare before Christmas
karya Tim Burton, dan lain sebagainya.
Animasi
tradisional disebut juga dengan Cell Animation (animasi sel), karena teknik
pembuatannya dilakukan pada celluloid transparent. Dinamakan tradisional karena
teknik animasi inilah yang digunakan ketika pertama kali film animasi
dikembangkan. Cell Animation adalah animasi 2D (2 dimensi) dan merupakan teknik
animasi yang paling dikenal sampai saat ini. Animasi ini merupakan film animasi
yang didasarkan pada kemampuan gambar tangan untuk menciptakan obyek-obyek yang
hendak dianimasikan yang saat ini masih dikembangkan dan menjadi industri
bisnis yang cukup menjanjikan dalam dunia hiburan. Film-film animasi dengan
sifat 2D ini pun masih dapat disaksikan di layar televisi, seperti ScobyDoo,
Sponge Bob, dan film-film Anime yang membanjiri dunia film animasi di
Indonesia.
king kong
|
Dengan kemajuan teknologi
digital yang semakin pesat, maka komputer telah menjadi alat bantu sekaligus
pemroduksi karakter-karakter untuk film animasi. Pada animasi komputer, animasi
ini lebih dikenal dengan sebutan 3D animation, yaitu dengan kelebihan pemanfaatan
kedalaman dan volume obyek yang dapat ditunjukkan secara 3 dimensi.
Dimulai
sejak tahun 1964, awal perkembangan animasi 3D dimulai ketika Ivan Sutherland
dari Massachussets Institute of Technology berhasil mengembangkan sebuah
program bernama Sketchpad yang mampu menggambar sinar-sinar garis langsung pada
cahoda ray tube (CRT). Hasilnya adalah sebuah obyek yang sederhana dan
primitif, kubus dengan garis-garis, kelompok gambar geometris yang sangat
sederhana namun mampu membuka pandangan manusia tentang penggunaan computer
graphic. Gejolak dari computer graphic studio mulai terlihat sejak New York
Institute of Technology (NYIT) memulai rencananya untuk membuat computer
animated feature film pada tahun 1970. Kemudian pada tahun 1978, George Lucas
merekrut Catmul dari NYIT umtuk membuat Lucas Film Computer Development
Divison, dan mengadakan riset tentang pengaplikasian teknologi digital terhadap
feature film, Dilanjutkan dengan pembuatan flying logo dan broadcast graphic
oleh studio-studio computer graphic untuk beberapa perusahaan dan program
televisi ternama seperti National Football League, The NBC dan ABC World News
Tonight.
Saat ini
banyak terdapat software-software yang digunakan untuk pembuatan animasi
komputer. Untuk software yang komersial dikenal beberapa nama, seperti Alias
Power Animation, Softimage, 3D Max, MAYA, dan Prophiety Software (merupakan
pengembangan sendiri dari sebuah software yang diperuntukkan untuk pembuatan
modeling atau effect house yang berskala besar). Beberapa contoh film animasi
yang menggunakan komputer animasi ini seperti Beast Ware, The Simpson, Toy
Story, Final Fantasy-Spirit Within, Matrix (revolution), Bug’s Life, Vaggie
Tales, Monster Ink, Shrek,transformers, dan masih banyak lagi.
http://lisna-widiyasari.blogspot.com/2011/04/apa-itu-stop-motion.html